Kamis, 07 Februari 2013

Review RealPad P-700 NIAS-2 by Sarang Android team

Dear Bro & Sis,

Mungkin ada diantara kita yang berniat membeli tablet Android tapi ada keterbatasan dana, nah bro&sis coba simak artikel berikut hasil review produk tablet dari salah satu perusahaan IT lokal terkemuka di Indonesia yaitu PT Bercacakra Teknologi yang di lakukan oleh team sarang android. 

Setelah mengeluarkan NIAS-1 pada awal 2012 ini - Baru saja Berca Computel sebagai pemegang merk lokal RELION merilis Update untuk Tablet Android Kelas Low yaitu P-700 Nias-2. Nias-2 adalah tablet dengan Android ICS 4.04 dengan beberapa upgrade yaitu: Dual Camera Front 0.3MP dan Back 2.0MP Auto Focus serta CPU Boxchip Cortex A8 1.2GHz dengan GPU engine MALI-400.

Spesifikasi Lengkap dari Realpad P-700 NIAS-2:
OS: Android 4.04
Processor: BOXCHIP 1.2GHz Cortex A8
Memory: 1GB
Internal Storage: 8GB
External Storage: microSD up to 32GB
GPU Display: MALI-400 Support 3D & HD 720p decoding
Display: 7" 800x480 (Wide) Capacitive 5-Points MultiTouch
Camera: Front VGA 0.3MP / Back 2.0MP Auto Focus
G-Sensor: 3D Axis
Ambient-Sensor: No
Speaker: 1W Internal
Mic: Internal

Network:
WIFI: 802.11b/g
Bluetooth: No
GPS: No
3G: via micro-USB OTG

Interface:
USB connector: Yes (microUSB)
USIM Slot: No
Earphone Jack: 3.5mm
Display Out: mini-HDMI
DC Power Jack: Yes
Ext Storage: microSD/TF

Battery: Li-Polymer 2600mAH
Battery Life: 4.5hr Video Playback (est)
AC Adaptor: Yes 100-240VAC

Body: Plastic
Dimension: 192mm x 124mm x 12.8mm
Weight: 320gr

Isi Paket RealPad P-700 NIAS-2:
- Unit Tablet
- Quick Charger 5V 2Amp
- Kabel Data micro-USB
- Kabel OTG micro-USB
- Earphone
- Buku Petunjuk Bahasa Indonesia
- Lembar Quick Start Guide Original Alfar-780

Penampakan Paketnya:





Secara mendasar Produk NIAS adalah Android Tablet Low-End dengan Pabrik Pembuat JETWAY assembly TAIWAN dengan Kode ALFAR-780. Secara build quality dan quality control memang lebih baik dibandingkan produk sejenis seperti merk TREQ, INFORCE, atau lainnya yang merupakan assembly China.
Layar touch screen nya juga lebih baik dibanding NIAS-1, Treq Basic 2, atau Inforce IDANO. Pada tipe diatas terdapat beberapa blank point untuk touch screen nya dan itu sudah tidak ada di NIAS-2.


Hasil Benchmark saya lakukan dengan Antutu dan Quadrant:

1. Antutu: 3280

2. Quadrant: 2370

Perbedaan minim pada benchmark karena pada dasarnya menggunakan CPU Single Core Cortex A8 dan GPU MALI. Efek CPU Freq 1.0GHz pada NIAS-1 dan 1.2GHz pada NIAS-2 tidak banyak berarti.

Saat ini banyak Produk yang menclaim Multi Core atau Dual Core Cortex A8. Yang menjadi kesalahan dari Bahasa Iklan yaitu Dual Core - CPU dan GPU. Itu benar-benar menyesatkan konsumen. Yang benar adalah Dual Core adalah CPU nya dan itu dimulai dengan Cortex A9.

Gaming 3D:
Kemampuan 3D Gaming Standard cukup smooth dan bagus sesuai dengan harganya. Disini saya test menggunakan 2 Aplikasi yaitu Riptide GP dan SEGA Virtua Tennis.

Video & Performance:
NIAS-2 memainkan Film format MP4 AAC (Amazing Spiderman) atau MP4 multi-ch AC-3 (The Dark Knight Rises) dengan lancar tanpa adanya distorsi berarti.

Audio & Performance:
Dari segi Audio cukup solid. Saya men-test dengan vocal lagu FLAC Susan Wong - Killing me Softly - Vocal cukup tebal tanpa distorsi dan bass juga tidak terlalu boomy. Trebel memang cukup baik - hanya saja kurang detail. Dan juga speaker build-in yang sangat kecil sehingga apabila terpasang Leather Case bawaan maka tidak akan terdengar jelas.

OS & Software:
NIAS-2 menggunakan OS Android 4.04 bawaan yang sudah ROOTED. Hal ini cukup menguntungkan pengguna. Instalasi ChainFire 3D serta Titanium Backup pun tanpa kendala dengan unit out of the box. Instalasi untuk aplikasi games melalui APK (Offline) maupun Online juga tidak menjadi kendala - hanya memang karena model RealPad P-700 tidak dikenal luas di Google Play maka beberapa software tidak tampil. Tetapi itupun bukan kendala karena model ID dapat dimodifikasi (contoh ke Samsung SII GT-I9100) sehingga kompatibilitas jadi lebih banyak.

Konektivitas:
RealPad P-700 NIAS-2 hanya mengandalkan WIFI serta external modem untuk koneksi data. Response untuk modem via Kabel OTG hingga terdetek signal standar.

Kesimpulan:

Pro:
- Build Quality dan Quality Control SOLID
- Dual Camera dengan Auto Focus
- Touch screen respons yang jauh lebih baik
- Panorama Feature untuk Camera
- Rooted Android ICS


Cons:
- Resolusi Layar hanya 800x480 untuk Tablet WIFI kisaran 1.1 juta
- Kapasitas Batere yg terbatas Hanya 2600mAH - Full Film kurang lebih hanya 3.5-4jam tergantung setting.
- Minim Aplikasi Bawaan resmi (hanya terinstall Flash Player).
- Suara speaker build-in kecil sekali
- Penutup micro-USB dan HDMI kadang menyulitkan untuk pemasangan kabel.

Secara Umum tablet P-700 NIAS-2 ini cukup lumayan untuk sekedar bermain serta multimedia ringan. Touchscreen yang bagus karena melewati QC Produk yang berbeda dengan Produk China yg lain adalah keistimewaan tersendiri. Terlebih saya tidak pernah menemukan kasus ghost touch pada layarnya meskipun dalam kondisi AC Adaptor In-charge. Dengan harga retail kisaran 1,075rb hingga 1,100rb - NIAS-2 layak untuk dipertimbangkan karena sudah mengusung dual camera yang autofocus.

Aplikasi Test Standar Sarang Android:
- Antutu Benchmark (Terbaru)
- Quadrant 2.0
- ChainFire 3D
- Titanium Backup
- Games Riptide GP (Test 3D Standar)
- Games Labyrinth (Test Accelerometer)
- Games Fruit Ninja (Test Multi Touch)
- MX Player Pro
- Touch Test
- WIFI Analyzer

Catatan:

Saya secara blak-blakan menyebutkan merk kompetitor dari produk lain karena saya berusaha "FAIR" dalam kemampuan produk masing-masing. Apabila Produk lain keberatan terhadap komentar saya di Blog ini - silahkan mengirimkan UNIT untuk saya review di Blog serta memberikan keterangan secara mendetail kepada saya sehingga saya dapat mengungkapkan secara apa adanya.

Review Sarang Android menggunakan semua kelengkapan mulai dari charger, MicroSD 16GB Class 10 merk VGEN, Headphone B-Studio KW dan Modem AHA Huawei EC-156. Semuanya mudah didapatkan di pasaran Indonesia dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar